28 Februari 2024

Beranda » Hari Pertama Pelatihan, WBP Perempuan Belajar Cara Membuat Berbagai Macam Keripik

Hari Pertama Pelatihan, WBP Perempuan Belajar Cara Membuat Berbagai Macam Keripik

2 min read

SUARAJAVAINDO.COM, JEPARA-Rabu (28/4), Para warga binaan perempuan mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Rutan Jepara bekerjasama dengan CSR PT. PLN Unit Pembangkit Tanjung Jati B Kabupaten Jepara. Bertempat di aula para WBP perempuan mengikuti kegiatan pelatihan membuat berbagai macam jenis keripik.
Pelatihan pembuatan keripik ini dipilih karena proses pembuatannya yang cukup mudah dan memiliki banyak peminat. Jadi peminat keripik selalu ada dan tidak bersifat musiman sehingga memiliki prospek yang bagus.

Di hari pertama pelatihan ini para WBP perempuan belajar membuat empat jenis keripik yaitu keripik singkong, keripik pisang, keripik talas dan keripik rempeyek.
Semua peralatan dan bahan disediakan oleh CSR PT. PLN kabupaten Jepara sebagai bentuk dukungan kepada para warga binaan. Peralatan dan bahan tersebut nantinya akan digunakan para warga binaan untuk membuat aneka jenis keripik di dalam Rutan. Mulai dari kompor, wajan, timbangan dan alat pres semua disediakan oleh pihak CSR PT. PLN kabupaten Jepara untuk mendukung program pembinaan warga binaan yang ada di dalam Rutan Jepara. Kerja sama Rutan Jepara dengan CSR PT. PLN Unit Pembangkit Tanjung Jati B kabupaten Jepara sudah terjalin lama.

Para WBP mengikuti pelatihan cara membuat keripik dari mulai mengupas hingga mengemasnya menjadi kemasan yang menarik. Para warga binaan terlihat bersemangat mengikuti kegiatan ini meski sedang menjalankan ibadah puasa. Mereka mengaku senang karena mendapatkan ilmu dan keterampilan baru di dalam Rutan yang mungkin bisa diaplikasikan di dunia luar setelah mereka menjalani masa pidana. Pelatihan ini berlangsung hingga siang hari dan mereka langsung bisa mempraktikkannya. Untuk selanjutnya warga binaan perempuan akan membuat keripik tersebut sendiri dan hasilnya nanti akan dipasarkan melalui Rutan Jepara. Tentu saja rasanya tidak kalah dengan keripik yang dijual di luar. Karena bahan dan bumbunya dari kualitas yang bagus dan kemasannya juga menarik. (Pnm)