31 Januari 2023

Beranda » Desa Karangasem Akan Manfaatkan Kawasan Hutan untuk Wisata Rintisan

Desa Karangasem Akan Manfaatkan Kawasan Hutan untuk Wisata Rintisan

2 min read


SUARAJAVAINDO.COM – REMBANG. Desa Karangasem manfaatkan kawasan hutan untuk wisata rintisan religi dan wisata alam, melalui Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) “Wana Laga” Desa Karangasem Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang.


Lokasi pengembangan wisata rintisan terletak hutan produksi yang akan dijadikan kawasan perlindungan sebagai rintisan wisata pengembangan dan pemanfaatan hutan yang belokasi di petak 100 F, petak 100 G serta petak 124 A Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Tlogo Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Ngiri KPH Mantingan dan petak 45 atau sepanjang alur sungai SIMOTURUN RPH Pasedan BKPH Medang KPH Mantingan.
Ketua LMDH Wana laga M Mohni mengatakan kami bersama dengan masyarakat desa Karangasem ingin mengelola kawasan itu menjadikan wisata religi dan wisata alam. Sesuai dengan isi pasal 5 UU No.5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.” Terangnya. Kamis (22/04)
“Lanjut Mohni ,Pengembangan ecoturismdi kawasan pelestarian alam seperti taman nasional ataupun hutan lindung harus memenuhi 3 (tiga) prinsip, prinsip kesatu yaitu menjamin perlindungan sistem penyangga kehidupan, kedua adalah memelihara pengawetan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa beserta ekosistemnya. Ketiga menyangkut pemafaatan secara lestari sumberdaya hayati.
Dengan akan dikembangkannya sektor pariwisata di desa karangasem maka akan menjadikan kerjasama yang baik dari Perhutani, Pemerintah maupun dan Masyarakat,”tuturnya.
Kepala Desa Karang Asem Rosidi Menambahkan bahwa Untuk wisata rintisan ini kami akan kerjasamakan dengan Perhutani. LMDH, Masyarakat desa Karangasem. Dan pengembangan pariwisata di kawasan hutan ini kami akan menggunakan konsep pariwisata wana wisata yang dirumuskan dalam UU Nomor 09 Tahun 2019.


“Rosidi melanjutkan bahwa Kepariwisatan merupakan peran penting untuk memperluas dan memeratakan kesempatan berusaha dan lapangan kerja, mendorong pembangunan daerah, memperbesar pendapatan nasional dalam rangka meningkatakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat serta memupuk rasa cinta tanah air, memperkaya kebudayaan nasional dan memantapkan pembinaan dalam rangka memperkokoh jati diri bangsa dan mempererat persahabatan antar bangsa.


Semenatara itu Wakil Administratur Dwi Anggoro Kasih ketika ditemui diruang kerjanya untuk pengajuan proposal dari LMDH Wana laga samapi saat ini belum kami terima. Anggoro menjelaskan bahwa pada prinsipnya kami akan membantu masyarakat ataupun LMDH yang ingin mengembangkan potensi kawasan hutan sebagai wisata rintisan. Seperti beberapa LMDH yang sudah mengajukan kami akan menindaklanjuti dengan pemeriksaan lapangan.”Ujar Anggoro. Sigit (SJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *