30 Januari 2023

Beranda » Dinas Pertanian Pangan Provinsi Jateng Siap Bantu Benih Jagung dan Kedelai untuk LMDH

Dinas Pertanian Pangan Provinsi Jateng Siap Bantu Benih Jagung dan Kedelai untuk LMDH

2 min read

SUARAJAVAINDO>COM – BLORA Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mantingan bersama ketua Paguyuban Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Mantingan wilayah Blora mengikuti sosialisasi CPCL Jagung dan Kedelai di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora, untuk dapat bantuan benih jagung dan kedelai dari provinsi Jawa Tengah. Kamis (14/04).

Pelaksanaan sosialisasi dihadiri oleh Kepala Seksi Jagung dan Serealia provinsi Jawa Tengah Ambar Setiani beserta jajaranya Kepala Bidang Tanaman pangan lilik Setyawan beserta Jajarannya dan peserta Sosialisasi dari Perhutani Mantingan, Blora, Cepu, Kebonharjo, Randublatung yang didampingi oleh masing-masing ketua LMDH.

Kepala Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora Reni Miharti lewat Kabid Tamanan Pangan Lilik Setyawan menjelaskan bahwa tanah kawasan hutan dikabupaten Blora itu mencapai 90.000 hektar. sementara yang baru masuk untuk tanaman pangan baru sekitar 45.000 dengan prosentase 50%. padahal yang mengajukan Calon Palon Lokasi (CPCL) untuk kabupaten Blora ada sekitar 6000. hektar terang” Lilik.

Sementara itu Kasi Jagung dan Serealia Ambar Setiani menyampaikan bahwa program penanaman jagung dan kedelai dengan sistem tumpang sisip ini adalah program Kementrian Pertanian. Yang karena untuk mendukung ketahanan Pangan Nasional maka kita berikan kesempatan kepada LMDH di Perhutani untuk menerima bantuan benih jagung dan Kedelai. “Ujar Ambar.

Ambar Juga menambahkan “untuk bantuan jagung di LMDH untuk perhektarnya 15 kg sedangkan untuk kedelai mencapai 50kg per hektar. bagi penerima kedelai nanti akan ada tambahan pupuk satu paket. kalau jagung tanpa ada pupuk.

Ia Juga berharap kepada Perhutani, bisa membantu memberikan pengawasannya dan bersinergi dengan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) agar sinergitas antara Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perhutani tetap terjalin dengan baik.

Beberapa LMDH berharap bantuan Jagung dan kedelai akan disosialisasikan dulu bagi para penggarap dulu. Baru nanti masing-masing LMDH dapat mengajukan untuk monokultur jagung dan monokultur kedelai. Ataupun bantuan keduanya,” Ujar Tarmuji LMDH Mantingan Jati Tunjungsari desa tunjungan kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora. Sigit (SJ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *