30 Januari 2023

Beranda » Lakukan Pembinaan Bagi Mitra Binaan Yang Nakal

Lakukan Pembinaan Bagi Mitra Binaan Yang Nakal

2 min read
Adm mantingan berikan pembinaan mitra TJSL yang nakal

SUARAJAVAINDO.COM-REMBANG, Perhutani lakukan Pembinaan lakukan pembinaan bagi mitra binaan yang macet dan tidak lancar dalam mengangsur pinjaman tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).
Kegiatan pembinaan dilakukan di ruang rapat Kantor KPH Mantingan. Kamis 19/01/23.

Adm Mantingan Marsaid yang didampingi KSS Kemitraan Produktif Ismartoyo menekankan untuk para mitra yang angsurannya tidak lancar segera di cicil. Kareana dana angsuran itu akan kami gulingkan lagi untuk mitera-mitra yang lain. Jangan sampai kita sudah memberikan kelonggaranan justru dimanfaatkan untuk tidak membayar sama sekali.”terang nya.

“Lanjut Marsaid, Kalau memang usahanya agak lesu ya bagaimana manajemen pemasarannya dibangkitkan lagi. Kan sekarang dunia digital sudah merambah kalangan bawah hingga atas. Kita bisa promosikan hasil ataupun jualan kita lewat tayangan FB,Instagram, Tik tok, WA dan masih banyak link dunia maya yang sudah didepan mata. Tinggal bagaimana kita mengolah atau menggunbakannya.

Asal kita mau tekun dan banyak bersodaqoh inza Allah segala usaha yang bapak lakukan itu berkah dan penuh barokah. Tetapi kalau usaha kita melalui jalan yang tidak sesuai dengan norma agama maka usaha itu tidak akan berkah, justru akan semakin membebani bapak /ibu semua dalam menjalankan usaha.

Salah satu mitra yang enggan disebut namanya menyampaikan bahwa selama pandemi tidak ada penarikan dan usaha kami juga lesu, disamping itu sejak petugasnya ganti tidak pernah dilakukan penarikan rutin. Mungkin dengan adanya penujrunan dari pandemi menjadi endemi usaha kami sudah mulai berjalan dan sedikit dapat mengangsur. Yang penting petugas rutin dari sekarang segera menarik lagi.”papar dia.

Dari kredit yang disalurkan mulai tahun 1996 himngga akhir Desember 2022 mencapai 1.7 milyard. Sedangkan angsuran yang masuk hingga bulan desember 2022 sejumlah 1.2 milyard. Dan masih ada tunggakan yang belum terbayarkan mencapai 543.080,606 rupiah. Itu termasuk anggsuran masuk yang lancar dan tidak lancar.Tutup Ismartoyo KSS Kemitraan produktif. (Sigit).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *