4 Februari 2023

Beranda » IPJT DPC Grobogan Press Tour Ke Jepara, Ini Tujuanya…

IPJT DPC Grobogan Press Tour Ke Jepara, Ini Tujuanya…

3 min read

GROBOGAN, SUARAJAVAINDO.COM- Wartawan yang tergabung dalam Insan Pers Jawa Tengah (IPJT) DPC IPJT Kabupaten Grobogan melakukan kunjungan pers (press tour) ke wilayah Kab. Jepara, Sabtu (14/1/23).

Press tour yang merupakan kegiatan awal tahun dari kelompok wartawan di Grobogan itu selain berkunjung ke kantor DPP IPJT di Jepara, juga berkunjung ke sentra UMKM di kota Kartini itu.

Mugiono selaku Ketua IPJT Grobogan kepada Awak Media menjelaskan usai kunjungan itu nanti para teman-teman wartawan akan membuat berita tentang UMKM yang dikunjungi dan diharapkan bisa dikembangkan di Kabupaten Grobogan. “Selain itu, kami juga ingin mengunjungi kantor DPP IPJT di Jepara” ungkap Mugi

Sejumlah wartawan IPJT Grobogan yang mengikuti acara press tour, selain Pengurus juga ikut serta Sekjen IPJT Moh Safik.

Sesampai di Welahan Jepara kunjungan wartawan Menuju Lokasi di perusahaan roti Rahayu di RT. 02 RW. 01 Gidanglo Welahan Jepara milik pasutri Mukharim dan Sri Rahayu. Sri Rahayu mengatakan Perusahann roti miliknya ini sudah dimulai sejak 2002 dengan produk 3 jenis roti yakni roti pia sisir, pia kacang hijau, dan pia kelapa dengan harga 700 rupiah per biji ke sales, ecer 1000 rupiah. Katanya per hari menghabiskan bahan terigu 10 sak, namun karena sempat kena imbas pandemi, saat ini hanya habis 4-5 sak terigu saja. Kemudian hasil produknya yang terkenal sangat baik teksturnya, manis, dan gurih dan setiap hari diambil sales. Perhari perusahaan roti ini menghabiskan 10 sak terigu.

Untuk pemasaran Sri Rahayu mengaku tak kesulitan, karena para sales sudah mengambil sendiri dari tempatnya. Ia mengaku awalnya pasutri itu berangkat dari sales roti, tetapi seiringnya waktu ia ingin mandiri dan ternyata usai 4 tahun sales dia berhasil mandiri hingga kini.

Terkait pembinaan dari Pemkab Jepara dalam hal ini Dinas Koperasi UMKM maupun Disperindag setempat, pasutri itu mengaku belum pernah memperoleh bantuan baik teknis maupun pendanaan dari Pemerintah daerah setempat “Sejak kami berdiri tahun 2002 hingga saat ini belum pernah mendapat bantuan modal Pemkab Jepara” ungkap Mukharim, didampingi Sekdes Gidanglo Arif Mashar.

Usai meninjau sentra UMKM kue dan roti di bumi Kartini tersebut, rombongan wartawan IPJT menuju kantor DPP

Ketua Umum DPP IPJT Ir. Supriyanto, SH saat menerima kunjungan anggota IPJT DPC Grobogan mengaku bangga dan senang, karena ibarat IPJT bagai bayi yang sedang berlatih berjalan, kebersamaan diantara anggota sudah terjalin akrab.

Ketua Panitia Gunawan ( wartawan JMI) menyampaikan pesan dan salam Bupati Grobogan Hj. Sri Sumarni, SH., MM untuk keluarga besar IPJT.

Ketua IPJT Grobogan Mugiono mengatakan kegiatan ini tidak semata jurnalistik saja tetapi bisa mengembangkan yang sudah berjalan 5 th.”Perkembangan dan kemajuan insan pers mendapat nilai positif tapi juga dikenal semua OPD dan Pemkab “Semua insan pers bisa bersatu sehingga bisa menjadi profesional” katanya.

Sementara Ketua Umum DPP IPJT Ir Supriyanto, SH mengatakan pihaknya minta dukungan dengan merubah mindset. Yakni bagaimana setiap wartawan bisa mendukung kegiatan IPJT. “Saya berharap semua wartawan bisa kompak dalam menjalankan aktivitas di lapangan” bebernya.

“Kami tidak menerima kontribusi DPC berupa finansial, tetapi kami butuh kontribusi berupa bahan berita. Karena saat ini akan dibangun stasiun tv IPJT” Imbuhnya

Terkait rencana HUT IPJT tahun 2023 Supriyanto sudah mempersiapkan dengan berkomunikasi dengan Presiden Jokowi, Kapolda dan Dinas terkait untuk pelaksanaannya.

Sekjen DPP IPJT Moh Safik menjelaskan di Bahwa Jateng sudah ada 26 Cabang Kepengurusan IPJT Kabupaten yang sudah terbentuk. Safik menyadari DPP akan berjalan kalau ada kontribusi dari DPC, namun hal tersebut tidak mudah untuk diharapkan.

Acara diakhiri dengan penyerahan plakat DPC IPJT Grobogan kepada Ketua Umum DPP IPJT Ir. Supriyanto, SH.

” Kami berharap DPC Grobogan menjadi organisasi wartawan yang solid dan menjadi pionir wartawan di Jawa Tengah” pungkas Ir. Supriyanto, SH.

Setelah selesai dari kantor IPJT Pusat di Jepara, Rombongan melanjutkan perjalananya menuju lokasi Onojoglo dan pantai Ombak mati di Kab.jepara.

(Rama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *