30 Januari 2023

Beranda » JSM Kota Semarang Fokuskan Maping dan Data Base Pengusaha Muhammadiyah

JSM Kota Semarang Fokuskan Maping dan Data Base Pengusaha Muhammadiyah

2 min read

SEMARANG SUARAJAVAINDO.COM –
Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM) Kota Semarang menggelar silaturahmi antar pengusaha di Muhammadiyah khususnya di Kota Semarang di hadiri 50 anggota yang berlangsung di Hotel Raja Semarang, Minggu (8/1).

Dalam agendanya JSM membahas pembuatan maping dan data base pengusaha di Muhammadiyah Semarang serta pendirian Unit Usaha Muhammadiyah.

Ketua JSM Kota Semarang H. Azhar Combo yang diwakili Dr.H. AM Juma’i, SE.MM dalam sambutannya menuturkan potensi usaha Muhammadiyah sangat besar sehingga dibutuhkan penguatan kelembagaan dan membangun kepercayaan di ranah usaha kolektif.

Jaringan Saudagar Muhammadiyah merupakan perkumpulan pengusaha Muhammadiyah dari berbagai profesi yang berpotensi dari anggota pengurus Muhammadiyah,” ucapnya.

Keberadaan JSM itu sendiri sudah eksis sejak tiga tahun lalu. Sarasehan atau silatirahmi hari ini mengagendakan evaluasi aktifitas di tahun sebelumnya serta merencanakan agenda tahun 2023 mendatang.

Kegiatan JSM di fokuskan maping pengusaha dari kalangan Muhammadiyah membuat data base, setelah ini akan mengadakan roadshow terhadap stakehorlder baik dari kalangan intern maupun diluar Muhammadiyah maupun pihak luar,” ujar Juma’i

Menurutnya di Semarang sendiri potensi ekonominya cukup besar sekali khususnya Muhammadiyah ada lembaga pendidikan, sosial kesehatan serta lembaga lemba yang lain dan semua itu membutuhkan supplay dari pengusaha pengusaha Muhammadiyah termasuk konstruksi.

“JSM kepengurusannya lengkap mulai jaringan dari tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten kota di Jawa Tengah. Untuk JSM Kota Semarang sendiri salah satunya yang menonjol di bidang ekonomi dengan adanya Suryamart atau TokoMU dan rencananya ada perkebunan Muhammadiyah kedepannya, ini masih dalam konsep tapi yang sudah dilakukan adalah pembinaan usaha kecil dan menengah (UMKM) ini sudah jalan,” terang Juma’i

Pembuatan jaringan data base untuk mengkomunikasikan, mensinergikan antar pengusaha dengan unit unit pemakai.

Karena JSM adalah organisasi yang sangat strategis bagi Muhammadiyah dimana saat ini muhammadiyah terkenal dalam bidang pendidikan, kesehatan dan sosial maka nantinya akan merambah pada kekuatan ekonomi sehingga dalam mendukung rencana Muhamadiyah di kekuatan wkonomi.makan sudagar suadagar yang tergabung dalam.JSM ini memiliki peran penting di dunia usaha tapi plus dakwah.

Juma’i menambahkan JSM tetap bersinergi dengan Pemkot Semarang dan saat inipun JSM sebagian sudah bekerja sama dengan pemkot Semarang.

Periodesasi kengurusan selama lima tahun sama dengan Muhammadiyah. Di bulan agustus 2023 mendatang JSM akan menggelar Musyawarah untuk memilih Ketua serta kepengurusan periode 2023 – 2028 untuk tempat akan ditentukan pada rapat pengurus dalam waktu dekat,” ujar Juma’i.

    **Taufiq

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *