31 Januari 2023

Beranda » Konsolidasi Jaringan Pendidik Petani Alami (JAPPA) di Klaten Dapat Respon Positif

Konsolidasi Jaringan Pendidik Petani Alami (JAPPA) di Klaten Dapat Respon Positif

1 min read

SUARAJAVAINDO.COM, KLATEN – Petani merupakan salah satu mata pencaharian terbesar masyarakat Indonesia, wajar jika pertanian termasuk sektor penting dalam menunjang perekonomian negara.

JAPPA (Jaringan Pendidik Petani Alami), sebuah program anak bangsa dari daerah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Gagasan itu muncul adanya kepedulian soal pertanian alami hingga pada bulan September 2019 membuat jaringan pendidik petani alami.

Konsolidasi JAPPA di desa Sumber, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten mendapat respon positif dari para anggotanya. Jhon P Sinu Lingga selaku pendidik petani mengatakan, tujuan dibentuknya jaringan petani, untuk mempermudah antar petani pendidik dan petani alami.

“Saat ini JAPPA sudah terbentuk di enam region dari berbagai wilayah di Indonesia, diantaranya Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta,” jelas Sinu, pada Rabu (28/12/2022).

Menurutnya, dengan adanya JAPPA yang sudah terbentuk, perlu adanya jaringan komunikasi yang lebih luas.

“Jaringan komunikasi itu tujuannya untuk memperluas pengetahuan dan pertukaran informasi antar petani pendidik dan petani alami,” pungkas Sinu.

Penerapan jaringan petani tersebut sangat diharapkan guna meningkatkan hasil produksi pertanian.

(Jumarni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *