5 Februari 2023

Beranda » Banjir Lagi Banjir lagi, Keluhan Warga Sebagian di Pemukiman Purwodadi Grobogan

Banjir Lagi Banjir lagi, Keluhan Warga Sebagian di Pemukiman Purwodadi Grobogan

2 min read

SUARAJAVAINDO.COM, GROBOGAN – Hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan banjir dan genangan yang terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Grobogan, khususnya di tengah pusat administrasi Pemerintah Kabupaten yakni Kota Purwodadi, pada Rabu sore (28/12/2022).

Bagi warga yang bertempat tinggal disekitar bantaran sungai Jetis dan Plendungan, Kelurahan Kuripan, Kecamatan Purwodadi, banjir sudah menjadi langganan tahunan, bahkan sekarang ini malah sudah menjadi langganan bulanan.

Seperti yang diungkapkan warga RT 10 RW 16 ini, bahwa sejak banyaknya perbaikan talud (dinding penahan tanah) dan saluran gorong – gorong disekitar pemukiman, mengakibatkan arus air mengarah ke sungai hingga meluap ke pemukiman warga.

“Di kampung ini sering banjir mas, Bahkan untuk bulan ini saja sudah mengalami kejadian banjir sebanyak dua kali. Kami mohon kepada dinas terkait untuk memperbaiki semuanya, terutama untuk pengerukan sungai yang kedalamannya mulai dangkal,” ungkap Ibu Rumah Tangga (Bu Ribut) salah seorang warga Jetis.

Ditempat terpisah, Ketua RT 10 RW 16 jetis utara, Bapak Suyono ( Purn. TNI ), meminta kepada Pemkab Grobogan, untuk lebih memperhatikan warganya yang terdampak banjir, ia meminta untuk Pemerintah daerah ikut membantu memberikan fasilitas dalam pembuatan dapur umum.

Meskipun banjir sering melanda di wilayah mereka, bagi sebagian orang terpaksa merelakan anak – anaknya dengan didampingi orang tuanya bermain air di tempat yang tidak semestinya, tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun.

Salah seorang anak di pemukiman tersebut merasa gembira lantaran dirinya bisa berenang sepuasnya tanpa harus membayar.

“Nak banjir enak, gak usah nong ayodya, iso ciblon ora sah bayar dhe (Kalau banjir enak, tidak usah ke tempat kolam renang, bisa berenang tidak usah bayar Pakdhe- red), ” ujarnya.

Hingga Kamis pagi dini hari (29/12/2022) banjir belum juga surut, malah naik.

“Banjir belum surut, malah naik. Ini saya tidur seperti diatas kubangan air,” ujar Manto warga Jetis, Purwodadi.

(Ttg/Dar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *