5 Februari 2023

Beranda » Dandim Rembang Gencarkan Tanam Pohon Dan Patroli lewat kegiatan Trabas Bareng Dengan Perhutani dan CDK

Dandim Rembang Gencarkan Tanam Pohon Dan Patroli lewat kegiatan Trabas Bareng Dengan Perhutani dan CDK

2 min read

SUARAJAVAINDO.COM, REMBANG. Dandim Rembang Bersama Perhutani Perhutani dan Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Rembang Lakaukan patroli bareng dan penanaman dalam kegiatan Trabas kawasan hutan Mantingan. Sabtu 19 /11/2022.

Start kegiatan di awali di Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Sudo desa landoh kecamatan Sulang kabupaten Rembang. Kegiatan Patroli dan Tanam bareng dipimpin langsung oleh Dandim Rembang Letkol CZI Parlindungan Simanjuntak S.Sos, MSI dengan jajarannya. Turut serta dalam kegiatan patroli, Waka Adm Dwi Anggoro Kasih S.Hut, Kepala CDK Rembang Sumanto S.Hut,MM, dan jajaran Asper dan beberapa Kepala Resor Pemangku Wilayah KPH Mantingan.

Dalam kegiatan Trabas ini Dandim Rembang Parlindungan Simanjuntak yang juga didampingi
kepala CDK dan waka Adm menyampaikan bahwa kegiatan ini kita lakukan dengan heppy lewat trabas. Kami akan selalu menjaga kelestarian alam. Dengan rusakanya alam menjadikan musim dan cuaca jadi tidak menentu. “terang dia.

Untuk itu ,”lanjut dia, ada program atau tidak ada program kami akan selalu melakukan p;enanaman bersama dengan stake holder, tokoh masyarakat dan juga para pecinta lingkungan. Perlu diketahui bahwa sekarang ini banyak bencana di daerah daerah karena rusaknya alam oleh beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab dengan cara menebang pohon seenaknya.

Patroli sambil menanam ini akan kami lakukan terus dalam kawasan hutan agar hutan yang ada di kabupaten Rembang ini tetap lestari. Dan program menanam seperti harus terus kita tunjuukan kepada masyarakat , agar masyarakat desa sekitar hutan juga ikut peduli yang nantinya dimotori oleh Lembaga desa, LMDH, Kelompok Tani maupun para tokoh masyarakat”tutur dia.

Kepala CDK Sumanto sangat mengapresiasi kepada Dandim Rembang dan Perhutani karena hampir tiap muisim tanam tiba CDK selalu diajak untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan Menanam sambil Patroli. Tentu saja ini sangat membantu percepatan penanaman dalam kawasan hutan yang ada di kabupaten Rembang.” Ucap dia.

Seminggu yang lalu kami juga diundang Dandim Rembang bersama Perhuitani Kebonharjo dan Mantingan melakukan penanaman di perbukitan desa sanetan Sluke. Berbagai bibit buah –buahan kami tanam di arean perbukitan desa Sanetan kecamatan Sluke.

Sambung Anggoro untuk kegiatan trabas ini nantinya finis di kawasan desa Sendangmulyo kecamatan Bulu dengan diawali dahulu penanaman pohon buah-buahan dan sulam untuk tanaman tahun 2021 yang mati. Sehingga kawasan pohon Ijo atau pohon mercusuar tertap terjaga sumber mata airnya dan juga tetap rindang yang akan dibuat wisata rintisan oleh masyarakat desa sendang mulyo.

Kawasan wit Ijo atau lebih populer dikenal dengan nama pohon Mercusuiar masuk RPH Ngiri petak 99 1c dengan ketinggian sekitar 400-500 dpl. Tanaman yang ada dalam kawasan ini ada, Alpukat, jambu bangkok, mete, petai dan mangga, jambu air serta matoa. (Sigit).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *