31 Januari 2023

Beranda » Momentum Sumpah Pemuda ke-94 di SMAN 16 Semarang

Momentum Sumpah Pemuda ke-94 di SMAN 16 Semarang

2 min read

SEMARANG SUARAJAVAINDO.COM –
Peringati Hari Sumpah Pemuda ke – 94, Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd., selaku Kepala SMAN 16 Semarang terlibat langsung menjadi  Pembina Upacara yang diselenggarakan di Lapangan SMAN 16 Semarang pada hari Jumat, 28 Oktober 2022. Kegiatan peringatan Sumpah Pemuda yang diikuti seluruh guru, karyawan, dan siswa berlangsung khidmad. Upacara ini berjalan lancar, aman, tertib, dan didukung oleh cuaca cerah.

Peringatan Sumpah Pemuda yang dipimpin langsung oleh Kepala SMAN 16 Semarang berbeda dari pelaksanaan tahun sebelumnya. Kali ini peserta upacara kompak mengenakan pakaian baju adat nusantara seperti pakaian Banjar yang dikenakan oleh Kepala SMAN 16 Semarang, pakaian adat Irian Jaya, pakaian adat Jawa Tengah, pakaian adat Bali, pakaian adat Dayak, pakaian adat Aceh, pakaian adat Sumatera, pakaian adat Lampung, dan sebagainya serta dilengkapi baju khas daerah lain yang ada di nusantara.

Selain pakaian adat yang beragam, SMAN 16 Semarang juga memeriahkan berbagai kegiatan dalam memperingati bulan Bahasa, HUT SMAN 16 Semarang, dan Pengimbasan pelaksanaan proyek Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Kebhinekaan Global.

Kegiatan tersebut diisi dengan unjuk bakat tarian dari berbagai daerah, macopat, pantun, puisi, lagu daerah, fashion show yang dilakukan oleh siswa SMAN 16 Semarang. Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Kepala SMAN 13 Semarang, Kepala SMA Muhamadiyah 2 Semarang, Kepala SMA Darul Ulum, Kepala SMA Bagimu Negeri beserta 2 siswa dari tiap sekolah, undangan lainnya dari sekolah terdekat di SMAN 16 Semarang.

Kepala SMAN 16 Semarang membacakan Sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) pada upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022 dengan tema “Bersatu Bangun Bangsa”.

Inti sambutan itu adalah bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan. Dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

Memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan Indonesia. Selain itu, pemuda Indonesia telah menunjukan banyak capaian prestasi di berbagai bidang yang membanggakan, baik pada level nasional maupun pada level internasional.

Selain itu, peringatan tersebut mengingatkan bangsa Indonesia dalam melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Sebagaimana yang kita kenal hingga saat ini sebagai Sumpah Pemuda 1928, dengan mempersatukan pemuda Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Penulis: Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd. (Kepala SMAN 16 Semarang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *