Breaking News

Pemdes Banjarejo Gelar Kirab Jerami Nusantara, Banyak Kegiatan Meriah yang Disuguhkan

SUARAJAVAINDO.COM, GROBOGAN – Masyarakat Desa Banjarejo arak Keliling Patung Jerami, Star dari Dusun Ngrunut sampai Finis Lapangan Desa Bajarejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Jum’at 23 Sep 2022.

Acara yang digelar oleh Pemdes Banjarejo yakni Festival Jerami Banjarejo ( FJB ) 3 kini kembali di gelr, ada 23 patung dari bahan jerami yang siap dipamerkan di lapangan Desa Banjarejo.

Salah satu patung yang di buat adalah patung Dewi Sri,Patung itu paling besar dibandingkan patung patung yang lainnya,Tinggi 7 meter dan lebar 2,5 meter.

Ahmad Taufik Selaku Kepala Desa Banjarejo mengatakan FJB 3 ini merupakan event tahunan. Tahun ini tahun ketiga. Karena festival itu, Desa Banjarejo ditetapkan sebagai Desa Wisata,dengan tema Nusantara. Maka kami menghadirkan patung dari pra sejarah, zaman purba, masa penjajahan, hingga masa kerajaan nusantara.

Kegiatan itu menjadikan jerami dari hasil petani desa setempat untuk dikelola menjadi karya seni. Seperti pembuatan patung fosil, binatang, dewa-dewi, hewan, kendaraan, dan aneka bentuk lainya. Pembuatanya dilakukan warga sendiri. Dibagi per kelompok, sesuai masing-masing dusun.

”Kami harapkan warga masyarakat bisa belajar dalam kehidupanya. Setelah itu ada patung masa kerajaan masa penjajahan dan bisa melihat masa lalu dan masa sekarang,” tandasnya.

Rencananya FJB 3 ini dibuka Jumat (30/9) malam oleh Bupati Sri Sumarni. Dilanjutkan hiburan yaitu penampilan artis ibu kota Abah Lala. Kemudian hiburan lainya, Sabtu (1/10) ada penampilan barongan Demak Joyokusumo, RSW dan Musik Jalanan Purwodadi Feat Dinda Teratu dan artis ibu kota Maulana Ardiansyah.

Acara hiburan lainya, Minggu (2/10) diisi dengan parade reog 200 personel, PFC Feat Ronggo Wasito Joyo dan malam harinya ada Farel Prayoga penembang lagu Ojo Dibandingke di hadapan presiden RI Jokowi saat upacara kemerdekaan RI. Selanjutnya, Senin (3/10) mulai pagi ada festival barongan, angklung Godan dan malam harinya ada hiburan Warastra Dedangduters.

Acara lainya pada Selasa (4/10) ada Sulap dan Badut, CNF dan malamnya ada keroncong Muda Saputra. Rabu (5/10) ada karawitan, Dangdut Ragasa dan malam harinya ada artis ibu kota Liberty (Duo Mletre). Kamis (6/10) ada penampilan barongan, Javansa dan Cakrawala FT Difarina Indra. Jumat (7/10) ada lomba mewarnai, parade band, tari topeng ireng, geculan bocah sureng dan Sabtu (8/10) ada hiburan barongsai, little tones dan artis ibu kota Evan Loos dikenal dengan lagu Full Senyum Sayang. Minggu (9/10) ada hiburan KCW, Damara Dee dan ditutup dengan Ngaji Budaya.

Aripin (SJ)

About suara javaindo

Check Also

Diduga Lakukan Penyimpangan Pengelolaan Anggaran, DPRD Kota Pekalongan Dilaporkan ke Polisi

SUARAJAVAINDO.COM, PEKALONGAN – Sekretariat Bersama ( Sekber ) Insan Pers Jawa Tengah ( IPJT ) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.