Delapan Benda Bersejarah Pabrik Rokok Sukun Dihibahkan Ke Museum Kretek Kudus

SUARAJAVAINDO.COM, KUDUS – Sejak didirikannya pada tahun 1986 lalu, Museum Kretek Kudus mengalami perkembangan dan kemajuan. Perkembangan dan kemajuan itu terutama pada koleksi benda benda bersejarah, seperti saat ini koleksi benda bersejarah di museum kretek Kudus bertambah delapan buah benda koleksi, terdiri dari 2 buah alat cetak rokok kretek klobot dan 6 buah alat cetak dan pres rokok kretek.

Kedelapan koleksi benda bersejarah itu diperoleh dari hasil hibah Perusahaan Rokok Sukun kepada pihak Museum Kretek Kudus pada tanggal 16 Juni 2022 lalu. Benda benda tersebut disimpan di gudang penyimpanan, untuk kemudian dikaji dan diinventarisir sebelum ditempatkan di ruang display.

“Ada delapan buah benda koleksi hasil hibah perusahaan rokok kretek sukun yang di terima oleh pihak museum kretek Kudus pada tanggal 16 Juni 2022 lalu” ujar Rina Hidayati Noor staf Museum kretek Kudus.

Menurutnya dari delapan koleksi yang di hibahkan itu berupa alat kemas cetakan dan rokok klobot.

“Ada enam buah alat pres rokok kretek dan dua rokok klobot cetakan contong 10 batang dari bahan kayu dan besi, cetakan contong 12 batang dari bahan kayu dan besi, serta dua bungkus rokok klobot produksi Pabrik Rokok Sukun” tambahnya.

Pada kesempatan itu Rina Hidayati juga menyampaikan akan ada kajian terlebih dulu agar lebih tau detil makna sejarahnya.

” Makna sejarahnya seperti apa, harus melewati beberapa tahap kajian dulu sebelum didisplay” ujarnya.

Rina Hidayati juga menyebutkan saat ini Museum kretek Kudus memiliki 895 koleksi benda bersejarah tentang rokok kretek. Hasil infentarisir sejak tahun 2021 hingga saat ini yang tercatat 895 benda koleksi, dari ratusan koleksi tersebut 70 persen merupakan koleksi rokok dengan berbagai merek dari tahun ke tahun dan dari berbagai pabrik rokok di Kudus.

Hibah tersebut bertujuan untuk melengkapi proses produksi pembuatan rokok kretek, sehingga pengunjung dapat melihat proses produksi rokok secara lengkap dari awal sampai akhir hingga menjadi sebuah produk rokok yang siap di pasarkan.

( Faizun)

Tentang suara javaindo

Periksa Juga

Kapolsek Mojolaban Bersama Forkopimcam Tinjau Jembatan Sasak, Banyak Pesan Penting Untuk Pengelola

SUARAJAVAINDO.COM, SUKOHARJO – Polsek Mojolaban bersama Forkopimcam melaksanakan tinjauan ke jembatan sasak diatas Sungai Bengawan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.