Peringati Milad Muhammadiyah Ke-109, PCM Semarang Selatan Ziarah Ke Jogyakarta

SUARAJAVAINDO.COM, SEMARANG – Dalam rangka memperingati milad Muhammadiyah KE 109 Pimpinan Cabang Muhammadiyah Semarang Selatan Kota Semarang mengadakan penguatan Kader Dakwah dan Refreshing Serta ziarah ke makam KH Ahmad Dahlan di Yogyakarta, Jumat 26/11 – Sabtu 27/11/2021 lalu.

Kegiatan ziarah diikuti dari unsur Pimpinan Cabang Muhammadiyah, Pimpinan Cabang Aisyiyah, Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah, Pimpinan Cabang Nasyiatul Aisyiyah Semarang Selatan.

Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Semarang Selatan AM.Juma’i, SE.MM mengatakan agenda milad tahun 2021 ini  tidak seperti tahun tahun sebelumnya yang biasanya di pusatkan di wilayah kecamatan Semarang Selatan dengan menggelar pengajian dan baksos,” ucapnya.

Menurutnya rihlah atau wisata Dakwah yang diselenggarakan oleh pimpinan cabang Muhammadiyah/Aisyiah beserta organisasi otonomnya ini dimaksudkan untuk penguatan kader, ajang silaturahmi, penguatan doktrinasi dan napak tilas perjuangan KH Ahmad Dahlan dalam mendirikan muhammadiyah,” papar Jumai

Lebih lanjut dirinya berharap kegiatan ini untuk merefleksikan diri para kader untuk penguatan ideologi bermuhammadiyah.

Adapun agenda acara  dimulai dari proses Pemberangkatan  dari Gedung  Dakwah Muhammadiyah jawa  tengah jl singosari raya 33 Semarang menuju  daerah penginapan di kaliurang Yogyakarta, malam harinya dimanfaatkan penguatan doltrinasi dengan nara sumber KH Agus Supriyadi, Ust AM Jumai, Nyai Hasanah Supandi dan Slamet Widodo serta Doa oleh Gus Budi Hidayat dilanjutkan brandstorming dengan melibatkan peserta secara aktif dan menghasilkan rekomendasi yang sangat strategis ,taktis dan komprehensif untuk penguatan kader dan syiar Muhammadiyah di Semarang Selatan.

Jumai menambahkan pagi harinya melanjutkan kegiatan kunjungan ke Bumi perkembangan  Hizbul Wathan yang merupakan kepanduan milik Muhammadiyah dilanjutkan ke Pondok Pesantren PUTM Yogyakarta yang merupakan pusat pendidikan ulama tarjih, tidak selesai disitu para peserta diajak untuk berjamaah sholat duhur di Masjid Jogokaryan serta banyak belajar tentang manajemen pengelolaan Masjid sebagai basis pelayanan terhadap jamaah dilanjutkan ziarah ke makam KH Ahmad Dahlan,” imbuhnya.

Makam ulama besar  yang  juga  habib ini lanjut Jumai menampakkan kesederhanaannya ,tidak ada kesan dikhususkan atau di bangun mewah seperti kebanyakan makam wali atau ulama besar memang sesuai wasiat beliau sebelum meninggal bahwa jangan bina’ dan mulyakan kuburan saya kata KH Ahmad dahlan artinya jangan dibangun dan dimulyakan kuburan  KH Ahmad Dahlan.

Makam KH Ahmad Dahlan yang tertata rapi berjajar dengan Makam KH Ibrahim, KH Badawi,KH noor dan  aisyiah hilal dan juga ada makam KH AR Fachrudin ulama kharismatik Muhammadiyah yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah,” bebernya.

Para peserta merasa termotivasi dan mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan dari rihlah ini.
Dan kedepan akan diagendakan rihlah ke daerah Malang dan Surabaya,” pungkasnya.

Taufiq/Jumai

Tentang suara javaindo

Periksa Juga

Bahagia dan Haru Warnai Acara Pisah Sambut Kepala SMAN 4 Semarang

SEMARANG SUARAJAVAINDO.COMSMA Negeri 4 Semarang Gelar Pisah Sambut Kepala Sekolah baru dari sebelumnya dijabat oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.