UNSUR-UNSUR PENTAHELIX DARI TANGGUNGHARJO ADAKAN GERAKAN TANAM SERIBU POHON DI DESA SUGIHMANIK UNTUK WUJUDKAN DESA LESTARI

GROBOGAN- MEDIA SUARAJAVAINDO.COM
Untuk mewujudkan Desa Lestari Unsur Pentahelix adakan Gerakan menanam seribu pohon di Desa Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan .

Hadir dalam acara tersebut Dari
ESDM prop Jateng Agus Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Grobogan Agus Prastowo

  1. Bapeda Kabupaten Grobogan Ir Candra Yulian Pasha ,
    Dosen Undip Semarang Ir Sri Hartini
    ,Perhutani Joko Asper Tanggung
    , DPRD Grobogan HM Nurwibowo, Green Village dr Tutik Ermawati ,
    Sekcam Tanggungharjo Slamet Sanyoto,
    Imam Santoso Kades Sugihmanik
    Benny Kades Kaliwenang
    ,Relawan PPKM 21 Sugihmanik
    ,RDS Sugihmanik, PKK Sugihmanik , PT Semen Grobogan
    Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan masyarakat Desa Sugihmanik,pada hari Minggu tanggal 28/11/2021 pukul 07.00 Wib berlokasi di Desa Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan.

Menurut pakar lingkungan Hidup bahwa,”
Pohon bisa hidup tanpa bantuan manusia karena bisa mengolah makanannya sendiri sedangkan manusia tidak bisa hidup tanpa pohon. Oleh sebab itulah tindakan penghijauan ini sangat penting bagi manusia. Salah satu upaya yang dilakukan adalah Gerakan tanam seribu pohon oleh Unsur unsur Pentahelix
Gerakan tanam seribu pohon tersebut lebih sering dilakukan pada saat hari bumi. Untuk membuat bumi semakin hijau maka penanaman seribu pohon tersebut akan dilakukan mengingat bumi yang semakin tua dan semakin meningkatnya polusi udara maka penghijauan bumi tersebut harus selalu dilakukan.
Gerakan Menanam Seribu Pohon itu merupakan
Aksi tanam seribu pohon oleh Unsur unsur pentahelik yg pernah dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Propinsi dan Kabupaten Grobogan bidang ESDM, Muspika Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan dan oleh penggiat lingkungan hidup dari Undip Sem arang, tokoh dan masyarakat yang mana melakukan penanaman di Desa Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan.
Cara penanamannya pun sama seperti dengan penanaman pohon seperti biasanya. Namun yang berbeda di sini adalah lokasinya. Lokasi penanaman seribu pohon ini biasanya dilakukan di area hutan yang lahannya masih gersang sehingga nantinya hutan tersebut bisa hijau kembali namun ini yg dilakukan di lingkungan desa Sugihmanik.
Banyak sekali manfaat yang akan bisa manusia dapatkan dari penanaman seribu pohon ini misalnya saja adalah menjaga struktur tanah agar tidak terkena erosi terutama saat hujan datang, menghindari bencana alam terutama tanah longsor, menjaga udara tetap bersih sebab semakin banyak pohon yang ditanam maka akan semakin banyak oksigen yang akan dihasilkan, menjaga kelestarian fauna yang ada dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa didapatkan. Memang manfaatnya tidak bisa dirasakan langsung, namun beberapa tahun ke depan ketika pohon tersebut sudah tumbuh dengan besar.

Pengaruh Untuk Lingkungan Hidup
Selain manfaat, penanaman seribu pohon ini memiliki pengaruh terhadap bumi yang mana berhubungan langsung dengan manusia yang tinggal di dalamnya. Ketika banyak pohon ditanam, pengaruh nyatanya adalah menghindari efek dari global warming. Jangan menganggap sepele pemanasan global ini sebab jika bumi semakin panas maka es di kutub utara maupun selatan akan meleleh sehingga volume air di laut  semakin meningkat. Dengan menanam pohon bisa membuat gas karbondioksida tidak mencapai atmosfer bumi. Jika sampai ke atmosfer bumi bisa membuat panas terperangkap di atmosfer dan membuat suhu di permukaan bumi menjadi meningkat.
Gerakan tanam seribu pohon oleh Unsur unsur Pentahelix Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan memang sebaiknya terus dicanangkan dan digalakkan, agar bumi bisa kembali hijau dan manfaatnya bisa dirasakan oleh manusia di masa depan.

Reporter: Media Suarajavaindo BANU DM.

Editor : Mg.

Tentang suara javaindo

Periksa Juga

 
Si Jago Merah Mengamuk 3 Rumah Di Lalap Sampai Ludes Di Desa Ngroto – Gubug

SUARAJAVAINDO.COM -GROBOGANSi jago merah mengamuk Di Desa Ngroto Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan Jawa Tengah pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.