Breaking News

Babinsa Koramil Rembang Dukung Pencanangan Pelatihan Pengelolaan Bank Sampah

SUARAJAVAINDO.COM, REMBANG – Bertempat di di Desa Gedangan RW 01 dan RW 01 turut kecamatan Rembang Babinsa Koramil Rembang Serma Wiwit dukung Kegiatan pencanangan bank sampah “ Resik Apik” bertempat di balai desa Gedangan (18/11/2021)

Danramil Rembang Kapten Inf. Bardan lewat Babinsa Desa Gedangan Serma Wiwit mengatakan, untuk pembuatan bank sampah harus memiliki beberapa mamfaat untuk warga sekitar dan juga bernilai ekonomis bagi ibu-ibu rumah tangga.

Dengan pemanfaatan Bank Sampah lingkungan akan menjadi bersih dan sehat, disamping untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan dan membuat sampah menjadi barang ekonomis sebagai nilai tambah dalam kegiatan usaha mikro ataupun usaha produkti di lingkungan masyarakat.

Kepala desa Gedangan Sodiq menyampaikan nantinya sampah yang akan dikumpulkan di bank sampah akan dipilah antara sampah organik dan non organik. Bank sampah merupakan konsep dalam pengumpulan sampah kering dan basah. yang nantinya akan dipilih serta dengan menegerial seperti layaknya manajemen di perbankan.

Warga yang menabung juga disebut nasabah dan memiliki buku tabungan dan dapat meminjam uang yang nantinya dikembalikan dengan sampah seharga dengan uang yang dipinjam. Sampah yang ditabung akan ditimbang dulu yang dihargai dengan sejumlah uang uang yang nantinya akan dikembalikan dengan sampah seharga uang yang dipinjam.”terangnya.

Sampah yang terkumpul ditimbang nantinya akan dijual di Pabrik yang sudah bekerja sama, sedangkan plastik kemasan dibeli ibu-ibu PKK desa yang akan dibuat kerajinan tangan ,mulai dari tempat lampu hias,tas,bunga yang akan menjadi home Industri desa Gedangan.”pungkasnya. (Sigit/KR).

About suara javaindo

Check Also

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Kodim 0808/Blitar Gelar Panen Jagung

SUARAJAVAINDO.COM, BLITAR – Kodim 0808/Blitar kembali melakukan panen jagung dalam rangka ketahanan pangan. Kali ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.