Perhutani Lakukan Kerjasama dengan LMDH Sumber Rejeki Untuk Bidang Persemaian

SUARAJAVAINDO.COM, REMBANG – Suksesnya persemaian dibutuhkan kerja kompak antar lini, baik dengan segenap jajaran di Perhutani maupun di lingkup mitra kerja ataupun stake holder lainya. Berkaitan dengan sukses persemaian harus 100% Perhutani Mantingan menggandeng Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sumber Rejeki untuk pembuatan persemaian bersama di tanah warga LMDH turut desa Jukung. Senin (8/11).

Administratur KPH Mantingan Marsaid lewat Kepala sub seksi Tanaman dan Perhutanan Sosial Arif Yudiarko ketika ditemui diruang kerjannya mengatakan untuk target persemaian yang harus mencapai 100% kita melibatkan LMDH Sumber Rejeki desa Jukung. “ujar Arif.

Dimana LMDH Sumber Rejeki sudah berpengalaman dalam bidang persemaian, mulai dari persemaian bibit jati, porang dan persemaian tamanan rimba campur lainya.” Lanjut Arif, dengan keterlibatan LMDH tentunya persediaan persemaian juga dapat mencukupi areal untuk tanaman tahun 2022 termasuk untuk tanaman sulam. “Ungkap Arif.

Sementara itu Ketua LMDH Sumber Rejeki Zaennudin menambahkan dengan kerjasama bidang persemaian ini, tentu sangat membantu LMDH kami untuk menjadi pemasok bibit tanaman gamal atau clereside yang juga sedang gencar-gencarnya ditanam dilahan Perhutani. “Terangnya.

Disamping itu,” lanjut Zaennudin, kita dapat menciptakan lapangan kerja bidang persemaian untuk masyarakat sekitar dan buat anggota LMDH untuk ikut bekerja di bidang persemaian gamal. Untuk akhir tahun 2021 ini kami menyemai sebanyak 1.061.753 plances. untuk stump sebanyak 921.946. dengan dibantu oleh pekerja persemaian sebanyak 10 orang dari masyarakat sekitarKabupaten Rembang desa Jukung kecamatan Bulu dan anggota lMDH.” tuturnya.

Dengan adanya kerjasama antara Perhutani dan LMDH tentunya akan menambah ketersediaan dan terciptanya lapangan kerja didesa Jukung. Seandainya semua LMDH dapat membuat persemaian dan bekerjasama dengan instansi terkait tentu akan lebih banyak lagi tenaga kita yang terserap dalam bidang pesemaian.”beber Zaennudin sambil melanjutkan mencabuti rumput disekeliling area persemaian. (SIGIT)

Tentang suara javaindo

Periksa Juga

Kapolsek Mojolaban Bersama Forkopimcam Tinjau Jembatan Sasak, Banyak Pesan Penting Untuk Pengelola

SUARAJAVAINDO.COM, SUKOHARJO – Polsek Mojolaban bersama Forkopimcam melaksanakan tinjauan ke jembatan sasak diatas Sungai Bengawan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.