Breaking News

Tingkatkan Kompetensi, Pegawai Rutan Ikuti Zoom Meeting Direktorat Jenderal Pemasyarakatan

SUARAJAVAINDO.COM, JEPARA – Kepala Subsie Pelayanan Tahanan dan pengelola SDP Rutan Jepara mengikuti kegiatan zoom meeting yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan pada Kamis (4/11). Kegiatan zoom meeting ini membahas tentang Evaluasi Pencabutan, Pemindahan Narapidana dan Pemberian Hak Remisi, Asimilasi, CB, PB dan CMB.

Dalam kegiatan zoom meeting ini ada dua pembahasan penting yaitu mengenai belum optimalnya pemberian hak asimilasi di lingkungan Lapas (kategori Pidana Umum) dan rendahnya kualitas inputan data dan upload dokumen usulan remisi/asimilasi/PB/CMB dan CB. Materi ini disampaikan oleh Thurman.S.M. Hutapea, Bc.IP.,S.H.,M.Hum, Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham RI.

Kedua hal tersebut disebabkan karena kurangnya pemahamaan petugas Lapas/ LPKA terkait pemberian asimilasi di lingkungan Lapas, pelaksanaan asimilasi di lingkungan Lapas/LPKA masih menggunakan jenis pengeluaran bon ijin keluar, bon dipekerjakan dna bon isidentil. Kemudian pemberian asimilasi di lingkungan Lapas tidak menggunakan SK Asimilasi yang ditanda tangani oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. Selain itu, penyebab lainnya yaitu kurang telitinya Petugas Lapas/ LPKA / Rutan terkait Penginputan data dan dokumen usulan remisi, asimilasi, PB, CMB dan CB dan adanya pergantian operator registrasi dan integrase di UPT yang tidak mentransferkan ilmunya dari operator lama ke operator baru.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu adanya tindak lanjut agar permasalahan tersebut dapat diselesaikan. Tindak lanjut yang bias dilakukan di antaranya yaitu Petugas Lapas atau LPKA harus memahami ketentuan petunjuk teknis dan pelaksanaan pemberian asimilasi di lingkungan Lapas /LPKA. Kemudian pemberian asimilasi di lingkungan Lapas, seharusnya menggunakan SK Asimilasi yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan.

( Purnomo)

About suara javaindo

Check Also

Sebanyak 40 Personel Polres Sragen Dikerahkan, Amankan Pertandingan Sepak Bola Kualifikasi Porprov Jateng

SUARAJAVAINDO.COM, SRAGEN – Polres Sragen telah mengerahkan puluhan personel dalam pertandingan sepakbola kualifikasi Porprov Jawa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.