Breaking News

Pramono Sebut Pemberian Nama Sirkuit di Jepara Dian Rakashima Dinilai Tidak Tepat

SUARAJAVAINDO.COM, JEPARA – Pembangunan sirkuit di Pakis Aji patut diapresiasi, sebab memberikan ruang bagi aktivitas olahraga motor di Jepara. Namun pemberian nama sirkuit Dian Rakhasima sungguh tidak etis dan tidak layak.

Hal tersebut diungkapkan oleh tokoh muda Jepara, Eman Pramono menanggapi nama yang akan digunakan untuk sirkuit dengan menambahkan nama Dian didepan Rakashima.

Nama Rakashima merupakan hasil lomba pemberian nama sirkuit yang dilakukan oleh Perusda Aneka Usaha beberapa bulan yang lalu dan telah diumumkan di publik.

Menurut Pramono, Rakashima adalah singkatan RA Kartini, Ratu Kalinyamat dan Ratu Shima. “Tujuannya tentu untuk mengenang dan menghormati kepahlawanan, ketokohan, jasa-jasa beliau bertiga yang memiliki peran besar dalam perjalanan sejarah Jepara.

Menurut Eman Pramono, pemberian nama Sirkuit Dian Rakashima dinilai tidak tepat, tidak etis dan tidak lazim dilakukan oleh seorang pejabat. Ia lantas menjelaskan, pengabadian nama seseorang untuk nama jalan atau tempat fasilitas umum yang dibiayai oleh anggaran pemerintah seharusnya dinilai dari ketokohan, kepahlawanan atau jasa-jasanya terhadap daerah atau bangsa.

“Biasanya pengabadian nama itu diberikan kepada tokoh yang telah meninggal, kalaupun masih hidup karena terpenuhi 3 syarat utama yakni ketokohan, kepahlawanan dan jasa-jasanya.” ujar Pramono.

Menurut Pramono, pengusulan tersebut lazimnya dilakukan oleh masyarakat atau pemkab secara resmi kepada kepala daerah dan dikaji oleh tim yang dibentuk untuk itu.

Karena itu penggunaan nama Dian yang notabene adalah Bupati Jepara yang masih aktif untuk sirkuit dan mensejajarkan dengan nama 3 tokoh nasional tentu tidak etis dan tidak layak. “Sebab unsur-unsur ketokohan, jasa dan kepahlawannya belum jelas,” papar Eman Pramono.

Karena itu Pramono mengusulkan, agar Bupati Jepara mempertimbangkan kembali pemberian nama sirkuit Dian Rakashima untuk dikaji kembali sebelum diresmikan November mendatang. “DPRD sebagai wakil rakyat juga tidak boleh membiarkan dan kemudian menjadi kontroversi,” pintanya.***

Penulis – Purnomo.

About suara javaindo

Check Also

ALMIJ Gelar Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Masa Bhakti 2021-2024

SUARAJAVAINDO.COM, JEPARA – Aliansi Lintas Media Indonesia Jepara ( ALMIJ) menggelar Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.