Benny Setiawan : Klipang FC Terbentuk Berawal dari Sepak Bola ” Cokoran “

SUARAJAVAINDO.COM. SEMARANG

Permainan olah raga sepak bola masih menempati urutan teratas di banding permainan olah raga lainnya. Di Kota Semarang permainan olah raga sepak bola semakin banyak peminatnya.

Hal ini terbukti semakin banyaknya bermunculan Komunitas Klub Sepak bola Semarang (KKS) yang semakin bertambah jumlahnya di Kota Lumpia ini.

Salah satunya adalah Klipang FC, klub sepak bola yang lahir di kawasan Perumahan Klipang Sendangmulyo, Kec.Tembalang Kota Semarang ini bermula karena hobby warga sekitar terhadap permainan sepak bola yang banyak menarik minat untuk bermain sepak bola dan kebetulan ada lapangan sepak bola yang berada dikawasan di perumahan tersebut.

Tim.Kesebelasan Klipang FC Semarang

suarajavaindo.com menyempatkan diri ngobrol santai dengan Ketua Klipang FC Benny Setiawan di kediamannya Bukit Cempaka VI/174 Sendangmulyo Semarang, Minggu (1/8/2021)

” Awal terbentuknya Klipang FC waktu itu karena warga sekitar Klipang yang hobby sepak bola bermainnya masih cokoran ( tanpa alas kaki) dan latihannya di lapangan klipang sebelum ada SD Internasional sekitar tahun 2009 nan,” ucap Benny Setiawan Ketua Klub Klipang FC.

Dengan kehadirannya Bapak bapak dari Polrestabes yang suka latihan sepak bola bersama yang kebetulan rumahnya di sekitar  Perumahan Klipang membentuk tim sepak bola Klipang FC pada bulan mei 2009 yang diprakarsai Pak Galih Setiawan yang tinggal di Perumahan Klipang Blok R yang bertugas di Polrestabes Semarang,” ucap Benny.

Saat itu mulai tertata peserta yang ikut bergabung bermain sepak bola memakai sepatu bola. Tadinya banyak pesertanya saat masih bermain tanpa alas kaki mencapai 40 an, namun awal diperkenalkan dengan memakai sepatu bola pesertanya agak menurun tinggal 30 peserta, maklum terkendala untuk membeli sepatu bola waktu itu,” ujarnya.

Menurut Benny, Pak Galih merasa peduli terhadap sepak bola sehingga Klub Klipang FC mulai banyak yang bergabung hingga kini mencapai 60 anggota.

Pengurus teras Klipang FC Kota Semarang

” Makin kedepan sudah menggunakan jersey, klipang FC sekarang sudah memiliki dua jersey sepak bola yaitu warna biru dan hitam,  itu merupakan inventaris klub yang pada awalnya berasal dari donatur anggota serta beberapa sponsor dari luar sehingga klub mulai tertata dilengkapi dengan susunan pengurus itu ditahun 2014 ,” ujarnya. 

Di klub Klipang FC tidak ada pelatih khusus, yang nangani dari korlap yaitu Mas Reza dan Septian keduanya juga pemain di Klub Undip Ssmarang. Merekalah  yang menangani susunan pemain, pergantian pemain termasuk merancang strategi saat melakukan game soccer dengan klub lain jadi dia merangkap dalam melatih klub kami,” terang Benny.

Klipang FC dalam melakukan latihan sekarang masih di lapangan Klipang tapi secara mini soccer, karena terkendala lapangan dengan dibangunnya SD Internasional sehingga lahannya sekarang jadi sempit.

Klipang FC latihan rutin setiap hari sabtu dan minggu sore mulai pukul 16.00 hingga usai. Setiap minggu kita selalu melakukan sparing sifatnya happy game tidak mengedepankan kemenangan, yang penting bisa kumpul saling mengenal dengan Komunitas Klub Sepak bola lain.

Untuk kelompok umur di klub kita tergantung lawan sparingn yang dihadapnya,” tandasnya.

Hal senada dibenarkan oleh Yoga salah satu anggota Klipang FC. Dia menjelaskan kalau di klubnya sifatnya umum ada beberapa kriteria umur,” jelasnya.

Yoga menambahkan ada beberapa kelompok umur namun kebanyakan diusai 19 tahun keatas. Yang kelompok senior usia diatas 30 tahun. Kita sifatnya umum misal peserta yang usia 19 tahun keatas gabung dengan usia senior juga gak papa,” paparnya.

Benny kembali menegaskan bahwa Klipang FC kalau melakukan pertandingan away biayanya patungan sesama anggota rata rata Rp.10.000.per anggota untuk sewa lapangan fotografer serta untuk.melaundry jersey sehabis pertandingan.

Kalau.kita kedatangan rim.luar mengajak sparing parner kita gunakan lapangan durenan atau. lapangan pengkol yang berada di Kecamatan Tembalang masih sekitar dekat dengan Perumahan Klipang tapi bisanya kita memakainya hanya minggu pagi karena sorenya lapangan dipakai tuan rumah ,” pungkasnya.

Yoga berharap kedepannya Klipang FC tambah semangat dalam.latihan maupan sparing keluar baik yang muda maupun yang tua, kita.menambah seduluran menjalin keakraban bersama sesama.komumitasmklub sepak bola semarang. Semoga kedepannya Klipang FC semakin maju,” pungkasnya.

   **Taufiq.

Tentang suara javaindo

Periksa Juga

Fraksi PKB Tolak Surat Edaran Dinas Pendidikan, Minta SK Penetapan Sekolah Lima Hari Dicabut

SEMARANG SUARAJAVAINDO.COMFraksi Partai Kebangkitan Bangsa DPRD Kota Semarang menyatakan menolak Surat Edaran (SE) Dinas Pendidikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.