Breaking News

LANGKAH DAN PRIORITAS PENGGUNAAN DANA DESA TAHUN 2021

SUARAJAVAINDO.COM, SEMARANG – 30/07/2021.
Dana Desa adalah amanah dari undang-undang sebagaimana diatur dalam Pasal 72 Ayat 2 UU Nomor 6 Tahun 2014.
Sebagai salah satu dari pendapatan desa, maka pemerintah pusat berkewajiban mengalokasi Dana Desa dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).
Pada tahun 2021 kebijakan pengalokasian dan penyaluran Dana Desa dengan memperhatikan kondisi karateristik desa dan kinerja desa dalam mengelola Dana Desa.

Sementara itu, mekanisme penyaluran Dana Desa 2021 tetap sama dengan tahun 2020. Dimana, Dana Desa langsung di tranfer dari rekening pusat ke rekening desa.

Permendesa PDTT Nomor 13 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2021 ditetapkan dengan mengacu pada dua pertimbangan yaitu antara lain untuk mengurangi dampak sosial dan ekonomi masyarakat serta terhambatnya pembangunan desa akibat pandemi Corona Virus Disease 2019(COVID-19) perlu melakukan adaptasi kebiasaaan baru di desa, dan yang kedua adalah dalam upaya menghadapi ancaman yang membahayakan sistem perekonomian negara dan/atau stabilitas sistem keuangan perlu melaksanakan kebijakan keuangan negara dan stabilitas sistem keuangan untuk penanganan pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) termasuk didalamnya dana desa.

“Kedua dasar pertimbangan tersebut dilakukan guna melaksanakan ketentuan pasal 21 ayat (1) PP 22 tahun 2015 tentang perubahan atas PP 60 tahun 2014 sebagaimana telah diubah, terakhir dengan PP 8 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas PP 60 tahun 2014 tentang dana desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)”, jelas MF. Andhi sebagai Konsultan Bidang Tata Pemerintahan dan Kebijakan Publik RI dalam kesempatan saat ditemui awak media pada acara pengawasan terkait bantuan sosial BST di wilayah Desa Prampelan Kecamatan Sayung Kabupaten Demak, jumat (30/07/2021).

Dalam sambutannya bahwa Andhi juga menyampaikan bahwa kondisi yang telah terjadi sampai saat ini adalah menjadi pemikiran bersama terkait adanya kondisi negara yang masih terkontaminasi adanya masa pandemi yang sesegera mungkin agar bisa ditangani dengan saling berkoordinasi dengan semua pihak. (red)

About suara javaindo

Check Also

Kapal Nelayan Pati Dalam Pembelian BMM Bersubsidi Sesuai Prosedur

PATI SUARAJAVAINDO.COM Pembelian BBM solar bersubsidi untuk kebutuhan perahu nelayan KM Tri Mina Sejahtera di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.