Breaking News

Pemdes Karangreja Menggelar Acara Adat Tasyakuran Sedekah Bumi

SUARAJAVAINDO.COM, CILACAP –

Dalam rangka melestarikan budaya adat istiadat turun temurun yang dilaksanakan oleh Masyarakat Desa Karangreja Kecamatan Cipari, Kapupaten Cilacap yaitu tasyakuran bumi yang sering disebut oleh masyarakat setempat sedekah bumi .

Kegiatan adat masyarakat tersebut bertempat di halaman kantor desa yang di ikuti oleh segenap masyarakat desa karangreja, Jumat (18/6/2021)

Seraya membawa berbagai jenis makanan yang di taruh ditenong ( tempat makanan- red) berisi serta sayur manyur yang nantinya di makan bersama.

Hal tersebut menandakan rasa kegotong royongan antar sesama masyarakat berbaur menjadi satu tanpa memandang status.

Dalam kesempatan itu Wasono selaku kepala desa menuturkan, bahwa kegiatan sedekah bumi ini kita adakan setiap tahun pada bulan Dzulkhaidah 1954 / dzulhijrah 1442 H atau sering disebut bulan Apit .

“Kegitan yang sudah dilakukan bertahun – tahun dan secara turun temurun merupakan warisan dari nenek moyang yang bertujuan mewujudkan rasa syukur kita terhadap Tuhan yang maha kuasa yang mana masyarakat karang reja yang sebagian besar masyarakat petani yang hasilnya dihasikan dari bumi,” kata Kades Karangreja.

Lanjut dikatakan,” maka masyarakat patut bersyukur apa lagi kita lagi menghadapi pandemi covid 19 yang melanda bangsa indonesia maka kita memohon lindungan kepada Allah swt agar kita segera terlepas dari pandemi ini,” ujarnya.

Sementara itu Jarwo seorang warga masyarakat setempat mengatakan, bahwa kegitan tasyakuran sedekah bumi ini merupakan suatu wujud rasa syukur atas anugerah dari Tuhan.

“Kami sangat bersyukur yang mana kita sudah mendapat hasil dari bumi sebagai ladang bercocok tanam kami dan semoga kita khususnya masyarakat desa karangreja selalu dijauhkan dari segala bencana dan pagebluk. (Kn/Yt)

About suara javaindo

Check Also

DPD PKS Kendal Adakan Training Organisasi Sahabat Migran Indonesia (SMI)

SUARAJAVAINDO.COM – KENDAL – Meningkatnya Migran di Jawa Tengah khususnya di Kab. Kendal, PKS Adakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.