Breaking News

Penanews.net Gandeng AWPI Kota Semarang Ajak Kerja Sama di Bidang Jurnalistik

SUARAJAVAINDO.COM
SEMARANG – Penanews.net Jawa Tengah bersinergi DPC AWPI Kota Semarang adakan kegiatan sekaligus jalin tali silaturahmi sesama anggota bertempat di kawasan Bendungan Jatibarang, Gunungpati, Semarang, Minggu (13/6/2021).

Turut hadir pula dalam silaturahim siang itu, Sekretaris DPD SPRI Jawa Tengah, M. Taufiq, A.Md., S.Pd., dan Guru Besar Padepokan Brajamusti Jawa Tengah, Mbah Mul.

Kaperwil Penanews.net Jateng Daniel Setyo Rumpoko menyampaikan bahwa pembentukan Kepengurusan penanews.net tingkat Kaperwil Jawa Tengah dan Biro-biro di 35 Kabupeten/Kota di Jawa Tengah.

“ Selaku Kaperwil Jateng yang diamanati pusat untuk menyinergikan kinerja dan menjaga soliditas para jurnalis penanews.net wilayah kerja di Jawa Tengah, dirinya berharap temen temen pro aktif dan komitmen pada kegiatan yang dilakukan oleh penanews.net,” tutur Daniel.

Dirinya menyampaikan “oleh-oleh” dari hasil pertemuannya dengan para “punggawa” penanews.net pusat di Bandung, bahwa kiprah dan kontribusi para jurnalis yang sudah menjadi bagian dari keluarga besar penanews.net harus selalu ada.

Ini agar eksistensi penanews.net sebagai media masa berbasis ‘online’ yang membawa misi “mengungkap fakta tanpa rekayasa” dirasakan manfaatnya oleh masyarakat pembacanya.

“Kontribusi yang kami maksud disini adalah komitmen para awak penanews.net untuk menjaga kelangsungan media ini dan komitmen jurnalis-jurnalisnya untuk bisa membuat rilisan berita-berita yang bermakna,” imbuhnya.

Sementara, Ketua DPC Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Kota Semarang, Yudhi Wong, dalam sekapur sirih sambutannya, sangat bersyukur adanya giat ini. Yudhi Wong juga mengungkapkan makin banyak kegiatan seperti ini tentu akan makin membuat para jurnalis makin berkembang,” ucapnya.

“Progres penanews.net, khususnya di Jawa Tengah sangat kami apresiasi, meski wartawan bekerja tanpa gaji,” jelas Yudhi.

Dirinya berharap, para jurnalis dapat selalu membangun kerjasama dengan organisasi-organisasi yang dapat mendukung penguatan kiprah dan kinerjanya, sehingga memiliki kontribusi nyata bagi pengembangan SDM nya di suatu wilayah.

“Salah satunya, penanews.net sebagai media bisa memulai membentuk tim pelaksana guna membangun kerjasama dengan pihak-pihak terkait melalui dukungan AWPI, SPRI, ‘sounding’ dengan paguyuban-paguyuban masyarakat setempat untuk bisa menggelar festival budaya dan “menggarap” suatu lokasi tertentu untuk diangkat menjadi destinasi wisata baru bagi masyarakat luas,” tegas Yudhi.

Hal senada disampaikan , Sekretaris DPD Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) Jateng , M.Taufiq, tentang kekuatan media masa dan organisasi pers yang berafiliasi dengan Dewan Pers Indonesia (DPI).

“Sebetulnya, kalau konstituen media-media yang ada di organisasi pers AWPI, SPRI, PWOIN, PPWI, dan 8 asoiasi lainnya yang berafiliasi ke Dewan Pers Indonesia (DPI) bisa satu suara, maka akan sangat signifikan geraknya ke pemerintah,” ungkap Taufiq.

Oleh karena itu secara internal masing masing media dimana jurnalisnya bernaung, untuk mematangkan dan meningkatkan kejurnalistikan agar dilapangan nantinya semakin mantap dan tentunya dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan kode etik jurnalistik,” tutupnya.

Pada kesempatan sama, Guru Besar Padepokan Brajamusti, Mbah Mul, yang turut hadir siang itu menyatakan jika kawan-kawan media ingin menyelenggarakan gelar seni budaya, pihak Brajamusti juga siap,” ujarnya.

“Kami siap bersinergi dengan teman-teman, jika memang kami dibutuhkan. Termasuk dalam hal pengobatan maupun pengawalan dan ‘back up’ pengamanan untuk kelancaran setiap acara,” ungkap Mbah Mul dalam giat silaturahim penanews.net, AWPI, SPRI, dan Brajamusti, siang itu di kawasan Jatibarang Semarang.

**Red/Taufiq.

About suara javaindo

Check Also

Lukman Hakim : 5 Kandidat Siap Bertarung Di Musyawarah FKSB 3 Desember Mendatang

SEMARANG SUARAJAVAINDO.COM – Steering Commite (SC) Musyawarah Forum Komunikasi Ormas Semarang Bersatu (FKSB) Kota Semarang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.