Breaking News

Saat Gerhana Bulan Berlangsung Warga Perumahan Tegal Tirani Permai lakukan Sholat Gerhana

SUARAJAVAINDO.COM – REMBANG, Saat Gerhana bulan berlangsung warga perumahan Tegal Tirani Permai desa Turusgede kecamatan Rembang lakukan sholat gerhana di masjid Al Hidayah. Rabu (26 /05).

Sholat berjamaah diikuti oleh sebagian warga perumahan sekitar Masjid Al Hidayah. ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Sutiyoso mengatakan bahwa ia bersama dengan Imam Masjid Al Hidayah Uztad Miftah mengajak warga sekitar Perumahan untuk lakukan sholat Gerhana.

Menurut Uztad Miftah dengan adanya gerhana bulan yang berlangsung sejak pukul 18.13 hingga 19.13 Wib kita mengikuti sunah Rasul untuk melakukan sholat bila terjadi Gerhana. Menurut penuturannya banyak orang-orang terdahulu bahwa terjadinya gerhana itu bulan sedang dimakan oleh raksasa ataupun Butho dalam kisah pewayangan.” terang dia.

Untuk itu kita berikan pemahaman lewat kegiatan beribadah bahwa kejadian alam itu merupakan anugerah dan kekuasaan Tuhan yang harus kita syukuri dan patut kita lakukan ibadah untuk menyembah kebesaran Tuhan yang menciptakan dunia,”jelasnya, saat memberikan kutbhah usai lakukan sholat gerhana.

Miftah juga menceriterakan Gerhana matahari pernah terjadi di jaman Rasulullah. dan Aisah melakukan sholat gerhana dengan memuji kebesaran Allah. sesungguhnya matahari dan bulan adalah tanda dua diantara tanda-tanda kekuasaan Allah.” pungkasnya.

Menurut beberapa ilmuwan sebenarnya gerhana bulan adalah jenis gerhana yang terjadi ketika sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi.

Peristiwa ini terjadi bila bumi berada diantara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama. yang mengakibatkan sinar matahari tidak dapat mencapai bulankarena terhalang oleh bumi. (SIGIT KAOLAN).

About suara javaindo

Check Also

Wana Wisata Mantingan dan TK Tunas Romba II Sulang Dapat Bantuan TJSL Dari Perhutani

SUARAJAVAINDO.COM -REMBANG . Wana Wisata Kartini Mantingan dan TK Tunas Rimba II Sulang dapat bantuan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.