Breaking News

Volemik Rencana Penambangan Pasir Besi di Pantai Balong, Donorojo, Jepara.

SUARAJAVAINDO, JEPARA – Jum’at (30/04/2021). Rencana tambang pasir di perairan pantai Balong jepara utk tanggul proyek jalan tol Semarang – Demak . Awak media SuaraJavaIndo.Com, menghubungi Anggota DPRD. Jepara Lewat WA, Peraih suara terbanyak didapat Hadi Patenak, caleg Partai Nasdem Dapil Jepara 3 (Kembang, Donorojo, Keling). Perolehan suaranya mencapai 10.716. suara ini memberikan pandangan tentang penambangan pasir di Panrai Balong Jepara.

Beliau mengatakan, bahea Untuk membangun jalan tol ini merupakan salah satu harapan untuk melancarkan arus transportasi, harapan inipun nenjadikan impian masyarakat tentunya dengan harapan itu pemerintah akan merealisasikannya.

Yang namanya tambang sudah tidak bisa dihindari lagi adanya kerusakan linkungan. Kedua hal tersebut antara proyek pembangunan jalan tol dan penambangan itu sama-sama dipayungi dengan hukum maka kedua duanya harus berjalan beriringan supaya terciptanya kondusifitas utk keamanan dan kesejahteraan umat manusia jadi kedua hal tersebut harus benar benar berjalan.

Untuk jln tol nanti juga bermanfaat untuk kalayak umat juga setelah penambangan nanti juga bisa bermanfaat bagi kalayak umat manusia, sebab rencana sekitar penambangan pasir itu juga ada kehidupan dan kepentingan bagi kehidupan yang harus berlangsung . Katanya.

Selanjutnta beliau menerangkan, Yang dimaksut kehidupan disekitar pertambangan pasir laut ini adalah kehidupan manusia, tumbuhan, hewan dan kehidupan-kehidupan lain yang semua itu merupakan jalinan rantai kehidupan maka perlu diperhatikan dengan arif dan bijak. Ujarnya.

Kita ambil contoh kecil saja rencana penambangan pasir laut ini, banyak beribu-ribu manusia di deretan desa penyangga laut diantara desa Tubanan, Kaliaman, Kancilan, Balong, jinggotan, Pendem, Bucu, Sumanding, Cepogo, Dermolo kesemuanya itu selama ini banyak umat manusia yang hidup bergantung pada hasil rantai kehidupan laut untuk kepentingan kehidupan.

Kalau sampai terjadi kerusakan biota laut, siapa yang bertanggung jawab, untuk berkelangsungan kehidupan selain warga Desa Balong juga di desa-desa Penyangga.

Untuk menarik kesimpulan sebagai desa terdekat dari obyek rencana penambangan pasir laut yaitu desa Balong, Masyarakat desa Balong memang masyarakatnya sebagian nelayan dan yang lain petani dan sawahnya terletak dibibir pantai dan sekarang sawahnya banyak yang tergerus abrasi akibat rusaknya bibir pantai akibat pertambangan pasir besi yg dilakukan PT. Rantai Mas yang penanganannya waktu itu tidak diawasi dari LH jadi sampai sekarang yang terjadi kerusakan lingkungan laut yg sangat luar biasa.didesa Balong.

Masyarakatnya masih perlu pendekatan pendekatan dan edukasi mengenai kegiatan kegiatan yg skala besar, sebab sampai saat ini di Desa Balong masih ada bekas goresan hubungan sosial antar kemasyarakatan pro kontra dampak dari rencana pembangunan Nuklir yang akan didirikan di dukuh Lemah Abang, Balong, Donorojo, Jepara.

Pemerintah daerah saat ini harus bisa memastikan apakah dampak sosial pro atau kontra ini masih ada apa tidak ? Walaupun seandainya terjadi ada penambangan pasir laut nasyarakat desa Balong tidak berdaya untuk menolaknya.

Tetapi yang lebih terpenting masyarakat Desa Balong kondusif dan tidak ada perpecahan atau konflik.bKarena saya yakin pro dan kontra nanti tetep terjadi, kearifan kebijakan dari pemerintah yang bisa diharapkan. Ujarnya.

Penulis – Purnomo

About suara javaindo

Check Also

PIRA Kota Semarang Gelar Donor Darah, Dalam rangka HUT Partai Gerindra Ke-14

SEMARANG – SUARAJAVAINDO.COM – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra melalui sayap partainya, Perempuan Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.