Belum Ada Restu Dari Badan Pom Vaksin Nusantara Sudah diujicobakan di Indonesia


SUARAJAVAINDO – REMBANG, Belum ada restu dari badan Pom Vaksin Nusantara sudah diujicobakan di Indonesia. Vaksin ini juga menimbulkan pro dan kontra di berbagai daerah. dan masyarakat. Hal ini memicu banyak pendapat dan perbedaan dalam penanganan covid – 19 di Indonesia.


Tentunya akan menambah polemik yang terjadi di masyarakat. Vaksin yang berawal dari Amerika. Hasil uji klinisnya baru dilakukan beberapa Anggota DPR RI di RSPAD Gatot Subroto. Suara Javaindo mencoba menelusuri beberapa tokoh masyarakat di Rembang berkaitan dengan Vaksin Nusantara yang belum dapat ijin dari BP POM.
Arip Budiman tokoh masyarakat yang juga Direktur Yayasan Al Fur,qon ketika dihubungi lewat telepon menjelaskan mengatakan bahwa Indonesia itu negara besar dengan jumlah penduduknya besar dan padat.”Ujar Arip Budiman.


Kita tidak boleh terlena dengan pandemi Covid 19 dan terus mengimpor vaksin dari negara lain. Kalau negara –negara besar itu mengembargo maka kita akan kelimpungan.”terangnya.


Untuk itu,”lanjut Arif Budiman kita harus mampu mengembangkan Vaksin sendiri dan tidak bergantung pada negara lain. Para peneliti Vaksin Nusantara ini harus berkoordinasi dengan Badan POM agar Vaksin yang diproduksi oleh anak negeri benar-benar aman dan ada uji klinisnya memenuhi kriteria dari BP POM serta disosialisasikan lewat berbagai media Online maupun cetak.


Agar pemerintah memberi ruang sebesar besarnya untuk para peneliti anak negeri yang sedang mengembangkan Vaksin Nusantara. bila sudah layak baru bisa digunakan pada masyarakat, tetap harus lolos verifikasi dari Badan POM, baik untuk aspek Keamanan,efikasi dan kelayakanya dapat memenuhi standart dan kriteria yang diterapkan oleh badan Pom” Tuturnya.


Sementara itu pedagang Jamu tradisional asal Sulang Ismartoyo menjelaskan Vaksin Nusantara ini kan produksi anak negeri., jadi sudah seharusnya pemerintah mengapresiasi dan bangga dengan hasil karya anak negeri dan segera menerbitkan Ijin BP POM nya.
Ismartoyo menambahkan Apalagi menurut beberapa testimoni rempah-rempah hasil bumi Indonesia mampu mencegah dan mengobati covid -19 . Contohnya Jahe ,sereh , Madu, jeruk nipis dan minyak kayu putih,” Beber Ismartoyo.


Kami berharap kedepannya Indonesia bebas covid dan anak bengsa ini segera memperoleh pengakuan dalam memproduksi vaksin di dalam negeri dan menjadi negara yang mandiri. Sigit (SJ)

Tentang suara javaindo

Periksa Juga

Kolaborasi ORMAWA UNDIKMA Ajak Kecamatan dan Desa Sinergi Lakukan Pengabdian Masyarakat

SUARAJAVAINDO.COM, LOMBOK TIMUR -Organisasi Kemahasiswaan adalah tempat berkembangnya nalar kritis untuk peduli kepada masyarakat. Organisasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.