Sambut Bulan Ramadhan Warga Binaan Rutan Jepara Gelar Tadarus Bersama

SUARAJAVAINDO.COM – JEPARA. Jum’at, (09/04/2021) Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Jepara menggelar kegiatan tadarus bersama di Masjid At-taubah bagi laki-laki dan mushola khusus untuk wbp perempuan. Kegiatan ini sudah berlangsung hampir dua pekan dan sudah menjadi agenda tahunan. Dengan adanya kegiatan tadarus ini para WBP bisa belajar untuk mengaji dan melancarkan bacaan ayat suci Al-Quran. Dengan didampingi petugas para WBP mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dan khidmad.

Kegiatan tadarus dilakukan pada pagi hari yaitu sekitar pukul 08.00 WIB. Para WBP kemudian berkumpul dan mulai mengaji. Mereka secara bergantian membaca Al-Qur’an sedangkan yang lainnya menyimak dan membenarkan jika ada kekeliruan. Biasanya setelah kegiatan tadarus ini juga diisi dengan pemberian tausiyah yang dilakukan oleh petugas. Tausiyah ini juga bermanfaat untuk memberikan nasehat dan pesan kepada para warga binaan.

Tadarus ini dilakukan untuk menyambut bulan suci Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi. Selain untuk berlatih, kegiatan tadarus ini juga untuk membiasakan agar nanti saat bulan Ramadhan tiba, para warga binaan pemasyarakatan sudah terbiasa dengan kegiatan tadarus ini.
Para warga binaan terlihat bersemangat. Meski tidak semuanya bisa membaca Al-Qur’an, namun mereka terlihat semangat untuk mengikuti dengan menyimak dan mendengarkan. Dengan begitu mereka juga ikut belajar cara membaca Al-Qur’an.

Setiap bulan Ramadhan biasanya para WBP melakukan kegiatan tadarus bersama selama sebulan penuh. Ketika sudah khatam kemudian akan diadakan acara khataman bersama. Tentu warga binaan pemasyarakatan sangat senang karena mereka mengaku selama di rumah mereka jarang mengaji dna membaca Al-Qur,an. Sehingga ini merupakan kesempatan bagi mereka untuk memperbaiki diri agar menjadi lebih baik. (Pnm)

Tentang suara javaindo

Periksa Juga

ALMIJ Gelar Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Masa Bhakti 2021-2024

SUARAJAVAINDO.COM, JEPARA – Aliansi Lintas Media Indonesia Jepara ( ALMIJ) menggelar Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.