Breaking News

Perhutani lakukan Sosialisasi Larangan Penggarap Lahan Agroforestry di Kawasan Hutan

SUARAJAVAINDO.COM ,MANTINGAN – Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kebon lakukan Sosialisasi Larangan Penggarap lahan Agroforestry dalam kawasan hutan tidak boleh dialihkan ke Penggarap lain. Sabtu (03/04)

Kegiatan diskusi dilakukan di petak 108 i Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Sadang BKPH Kebon masuk kecamatan Bulu Kabupaten Rembang. Turut hadir pada kegiatan diskusi Kepala Seksi Kelola Sumber Daya Hutan (SDH) Sulhadiyanto,Kepala Sub Seksi (KSS) Tanaman dan Perhutanan Sosial Arif Yudiarko Asisten Perhutani (Asper) Kebon Hari Juli Prihartanto dan juga ketua LMDH Wono Kencono Desa Kadiwono dan LSM Aliansi Tajam Pendamping Perhutani Zulfa Wafda.

Administratur KPH Mantingan Widodo Budi Santoso melalui Kasi Kelola SDH Sulhadiyanto dalam membuka diskusi mengatakan, bahwa untuk pengarapa lahan Agroforestry tidak diperbolehkan untuk dialihkan ke penggarap lain.”tegasnya. ‘Lanjutnya Tanaman Agroforestry tahun 2021 ini lahan yang dikelola oleh LMDH Wono Kencoco dapat bersinergi dengan Mandor pendamping BKPH dan petugas penanganan Agro.

Agar nantinya pada saat panen tanaman pokok juga hidup dan tanaman agroforestryinya juga dapat dicatat oleh para mandor pendamping untuk besaran beratnya. hasil tanaman Agro nantinya akan menjadi sumber pendapatan Perhutani di dalam kawasan hutan.” Jelas Sulhadiyanto.

Ketua LMDH Wono Kencono Jasmin menyampaikan bahwa untuk LMDH nantinya juga akan menjadi pendampingan penggarapannya supaya penggarap juga dekat dengan LMDH dan nantinya semua lahan di pangkuan desa Kadiwono digarap oleh masyarakat Kadiwono. Nantinya Tidak boleh ada yang disewakan atau bahkan digarap oleh orang lain. “Lanjut Jasmin Ini pesan dari Kepala Desa Kadiwono Ridwan di saat LMDH Wono Kencono menyampaikan program kerjanya tahun 2021.” tutur Jasmin.

Sedangkan zulfa Wafda berharap potensi desa Kadiwono kepada LMDH untuk menggarap Potensi desa Kadiwono untuk menuju LMDH mandiri yang nantinya menjadi sumber pendapatan baru selain dari sharing Kayu dan hasil pendapatan Agroforestri di lahan kawasan hutan.” jelas dia. (Kom-PHT/Mnt/Sgt).

About suara javaindo

Check Also

DPD PKS Kendal Adakan Training Organisasi Sahabat Migran Indonesia (SMI)

SUARAJAVAINDO.COM – KENDAL – Meningkatnya Migran di Jawa Tengah khususnya di Kab. Kendal, PKS Adakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.