Breaking News

Dra.Wiji Eny Ngudi Rahayu,M.Pd : SMA Negeri 4 Semarang Siap Laksanakan Uji Coba PTM

SUARAJAVAINDO.COM. SEMARANG.

SMA Negeri 4 Semarang segera melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Hal ini menyusul peraturan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang akan dilaksanakan di 35 kabupaten atau kota di Jawa Tengah yang akan berlangsung selama 2 minggu, dari 5-16 April 2021.

Dalam melaksanakan uji coba Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melibatkan 140 sekolah yang dibagi dalam beberapa kriteria yaitu tingkat SMP 35, SMA 35, SMK 35 ,MA 35 yang ada diwilayah Jawa Tengah.

Ke lima sekolah dikota Semarang telah menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan uji coba PTM diantaranya SMAN 4, MAN, SMKN 7, SMPN 5 dan SMPN 2 Semarang . Dalam uji coba nanti, protokol kesehatan secara ketat diterapkan sesuai standar kementerian kesehatan.

Hal ini di sambut baik SMA Negeri 4 Semarang yang  jauh jauh hari sudah mempersiapkan dengan matang termasuk segala perlengkapan yang terkait dengan protokol kesehatapun sudah dipenuhi mulai dari peralatan cuci tangan mulai masuk pintu gerbang sekolah, hand sanitizier ditempatkan di tempat strategis serta setiap kelaspun sudah tersedia, termasuk faceshield bagi guru serta siswa berikut masker.

Kepala SMA Negeri 4 Semarang, Dra. Wiji Eny Ngudi Rahayu,M.Pd menuturkan,         ” Berdasarkan penunjukkan nota dinas kepala cabang wilayah 1-13 nomor : 00508/cabdin/III / 2021 tekait pelaksanaan uji coba pembelajaran dimasa pandemi covid 19 dimana ada penunjukkan untuk SMAN 4 dan SMKN 7 untuk kota Semarang yg ditunjuk terkait  PTM yag akan dilaksanakan 5 – 16 april 2021,” ucapnya.

Menurutnya ada hal hal yang harus dipenuhi untuk k PTM, diantaranya sarana dan prasarana serta penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat.  Tempat duduk dikelas berjarak 1,5 m, kelas tidak boleh jejeran tidak boleh menggunakan jalur yang berpapasan, termasuk SOP pendidikan dan tenaga kependidikan, SOP kedatangan siswa, data ijin dari ortu.

Berdasarkan Surat Edaran ketentuan uji coba PTM lanjut Eny jumlah siswa yg mengikuti sejumlah 70-110, namun untuk SMA Negeri 4 Semarang jumlah peserta didik.yang mengikuti uji coba PTM ada 106 siswa yang terdiri atas X IPA ada 5 kelas masing masing klas berisi 18 siswa, untuk X IPS 1 kelas berisi 16 siswa.

“Sekolah hanya empat jam tanpa istirahat. dimana setiap jam pelajarannya masing nasing mapel 30 menit. ajnatin tidak boleh buka, Siwa-siswi tidak diperbolehkan menggunakan angkutan umum serta dilarang berkerumun,” tutur Eny.

Dalam pelaksanaannya pihak Sekolah didukung oleh pihak pihak terkait diantaranya stakeholder, koramil, polsek serta orang tua  siswa khusus untuk ijin dari orang tua siswa sifatnya mutlak,” terangnya.

Selanjutnya, Wiji Eny mengungkapkan akan mengevaluasi kembali pelaksanaan PTM jika dalam uji coba tahap pertama ini berhasil tanpa adanya kasus Covid-19 di SMA Negeri 4 Semarang.

“Kita akan lakukan uji coba tahap pertama dan tahap kedua (26 April-7 Mei 2021), setelah itu jika hasilnya bagus, maka ke depannya pelaksanaan PTM ini bisa dilakukan secara keseluruhan,” pungkasnya.

  ** Taufiq.

About suara javaindo

Check Also

Peringati Hari Guru Nasional 2022 SMAN 4 Semarang Gelar Upacara Bendera.

SEMARANG SUARAJAVAINDO.COM –Peringati Hari Guru Nasional 2022 SMA Negeri 4 Semarang menggelar upacara bendera di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.