Warsidan Anak Buah Kapal KM Jaya Samudra Hilang Saat Melaut

SUARAJAVAINDO.COM.–REMBANG . Warsidan Anaka Buak Kapal (ABK) KM Jaya Samudra hilang saat melaut hingga Jum,at sore belum juga ditemukan. Hilangnya Warga desa Kebloran RT 03 RW 02 Kecamatan Kragan, Kabupaten Rembang membikin semua awak kapal panik mereka berusaha untuk mencari dimana keberadannya.

Pemilik Kapal KM Jaya Samudera milik Kasmiran, warga Desa Karanganyar, Kecamatan Kragan. segera melapor ke Polairud Pelabuhan Kragan ditemani oleh MUNJAHIT Bin SULI, umur : 40 th, Islam, Nelayan, Desa Kebloran Rt.04/ 02, Kec. Kragan, Kab. Rembang dan, ROKIT Bin KASRONI, umur : 40 Th Islam, Nelayan, alamat Desa Kebloran Rt.03 Rw.02 Kec. Kragan, Kab. Rembang.

Awal kejadiannya KM Jaya Samudera berangkat melaut sejak tanggal 18 Maret 2021 lalu, dengan jumlah ABK 20 orang. Selama mencari ikan, Warsidan bertugas menarik jaring. Senin (22 /03) Warsidan sudah tidak ada digeladak Kapal.

Mengetahui ada anggota yang hilang sontak rekan-rekannya sesama nelayan langsung berupaya mencari. Tidak ada seorang pun yang mengetahui kronologis kejadian hilangnyanya Warsidan. Upaya pencarianpun sia-sia karena tidak ditemukan. mereka menduka mungkin ia terpeleset saat berada dipinggir badan kapal dan tercebur ke laut.

Sekretaris Desa Kebloran, Kecamatan Kragan, Moh. Nur Aini ketika dikonfirmasi membenarkan ada warganya yang hilang di tengah laut. Menurut informasi dari pemilik kapal, saat pertama kali diketahui korban hilang, posisi kapal sudah berada di jarak 12 Mil dari bibir pantai Desa Kebloran.

Kepala Satuan Polisi Air Polres Rembang, AKP Sukamto menyatakan karena lokasi korban hilang cukup jauh, untuk sementara pihaknya menyebarkan informasi kejadian nelayan hilang kepada kalangan nelayan yang baru berangkat melaut dari sejumlah dermaga pelabuhan. Diharapkan kalau mereka mengetahui, bisa segera melaporkan.

Untuk pelaksanaan Tim SAR, jika kondisi cuaca memungkinkan, akan digelar secepatnya bersama instansi lain. “Kami koordinasikan dengan instansi terkait lainnya. Yang jelas info ini sudah kami sebarkan melalui radio komunikasi kepada masyarakat nelayan, “ terangnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rembang, Pramujo menuturkan pihaknya bersama team Sar Rembang dibantu dari Unit Bantu Pertolongan Pramuka (UBALOKA) Kwarcab Rembang Juga. Mereka yang ikut Abdullah Musofa Komandannya dan anggota Abdullah Mussofa.

Sampai saat ini Team Sar sudah ikut dalam pencarian bersama Basarnas adalah BPBD Rembang,Ubaloka,BalakarAnd Rescue,Bagana (Banser ),PMI Cabang Rembang dan Corp Brigade Pembangunan dan MDMC. Terang Pramujo.

Sementara itu warga desa Kebloran dengan menggunakan kapal-kapal kecil berupaya melakukan pencarian di tengah laut. hingga Jum,at siang ini korban belum juga ditemukan.

Besok pagi akan kami adakan pencarian lagi ke perbatasan Jawa Tengah Jawa Timur guna membantu pencarian Korban hilangnya Warsidan dari Kapal KM Jaya Samudra “ Jelas AKP Sukamto.

Penulis Sigit

Editor Solikin

Tentang suara javaindo

Periksa Juga

Kolaborasi ORMAWA UNDIKMA Ajak Kecamatan dan Desa Sinergi Lakukan Pengabdian Masyarakat

SUARAJAVAINDO.COM, LOMBOK TIMUR -Organisasi Kemahasiswaan adalah tempat berkembangnya nalar kritis untuk peduli kepada masyarakat. Organisasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.